Pengertian dan Cara Kerja Firewall - Kelas-Jaringan

Pengertian dan Cara Kerja Firewall

Pengertian dan Cara Kerja Firewall
Pengertian dan Cara Kerja Firewall

Selamat datang di blog Kelas-Jaringan,bertemu lagi dengan kami di Kelas-Jaringan, pada kesemlatan hari in kami akan membahas Apa sih itu Firewall? Dan Bagaimana cara kerjanya?. Baik, saya akan menjelaskan Pengertian dan Cara Kerja Firewall.


Firewall adalah penahan (barrier) terhadap api yang dimaksudkan untuk memperlambat penyebaran api seandainya terjadi kebakaran sebelum petugas pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api. Nah pengertian firewall disini bukan seperti tragedi kebakaran ya, hehe. Contoh lain dari Firewall juga bisa ditemui pada kendaraan bermotor, dimana firewall memisahkan antara ruang penumpang dan kompartemen mesin. Nah dalam contoh yang ini juga hanya sebatas meng-ibaratkan, pengertian sesungguhnya dibawah ini.

Firewall adalah
Pengertian Firewall

Firewall adalah sebuah komputer yang memproteksi jaringan dari jaringan yang tidak dipercaya yang memisahkan antara jaringan lokal dengan jaringan publik, dengan melakukan metode filtering paket data yang masuk dan keluar.

Menurut wabopedia.com, Firewall adalah sebuah sistem yang didesain untuk mencegah akses yang tidak sah ke atau dari jaringan pribadi (privat network).

Menurut MTCNA, Firewall diposisikan antara jaringan lokal dan jaringan publik bertujuan melindungi komputer dari serangan, dan secara efektif mengontrol koneksi data menuju, dari dan melewati router.

Menurut ilmuwan lain, Firewall adalah sebagai sebuah titik diantara dua atau lebih jaringan dimana semua lalu lintas (trafik) harus melaluinya (choke point), trafik dapat dikendalikan oleh dan diautentifikasikan melalui suatu perangkat, dan seluruh trafik selalu dalam kondisi tercatat (logged).

Dari definisi diatas, saya dapat memberikan definisi, Firewall adalah sebuah pembatas antara suatu jaringan lokal dengan jaringan lainnya yang sifatnya public (dapat diakses oleh siapapun) sehingga setiap data yang masuk dapat diidentifikasi untuk dilakukan penyaringan sehingga aliran data dapat dikendalikan untuk mencegah bahaya/ancaman yang datang dari jaringan publik.



Cara Kerja Firewall adalah
Cara Kerja Firewall

Cara kerja firewall dapat memutuskan untuk mengijinkan atau memblokir lalu lintas jaringan antara perangkat berdasarkan aturan yang sebelumnya dikonfigurasi atau ditentukan oleh administrator firewall. Kebanyakan personal firewall windows beroperasi pada seperangkat aturan sebelum konfigurasi yang paling cocok dalam keadaan normal sehingga pengguna tidak perlu khawatir banyak tentang konfigurasi firewall.

Firewall pribadi adalah mudah untuk menginstal dan menggunakan dan karenanya disukai oleh pengguna akhir untuk digunakan pada komputer pribadi mereka. Namun jaringan besar dan perusahaan-perusahaan lebih memilih orang-orang firewall yang memiliki banyak pilihan untuk mengkonfigurask sehingga untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka.

Firewall menggunakan satu atau lebih metode berikut untuk mengatur lalu lintas masuk dan keluar dalam sebuah jaringan adalah sebagai berikut.

1. Packet Filtering adalah pada metode ini paket (potongan kecil data) dianalisa dan dibandingkan dengan filter. Filter paket memiliki seperangkat aturan yang datang dengan tindakan menerima dan menolak yang pra-konfigurasi atau dapat dikonfigurasi secara manual oleh administrator firewall. Jika paket berhasil membuatnya melalui filter itu diperbolehkan untuk mencapai tujuan, kalau tidak akan dibuang.

2. Statefull Inpeksi adalah metode baru yang tidak menganalisa isi dari paket. Sebalikny ia membandingkan aspek kunci tertentu setiap paket database sumber terpercaya. Kedua paket yang masuk dan keluar dibandingkan terhadap database ini dan jika pebandingan menghasilkan pertandingan yang wajar, maka paket yang diijinkan untuk melakukan perjalanan lebih lanjut atau tidak, mereka akan dibuang.


Nah itulah Pengertian dan Cara Kerja Firewall, sampai disini dulu kurang lebihnya mohon maaf, semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian, thanks you for your attention, thanks for reading...
Buka Komentar
Tutup Komentar

1 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Firewall"

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, dan dilarang Spam

Iklan dI Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel